Searching...
30/05/12

Tanya Jawab Tentang Sholat


Fulan : saya mau bertanya, apakah orang yg sholat dijamin masuk surga?
Ustad : InsyaAllah dijamin masuk surga. Karena ada hadits mengatakan, amalan yg pertama kali dihisab adalah sholat, apabila sholatnya baik, maka amalan lain ikut baik. Jika amalan sholatnya rusak, amalan lain ikut rusak.
Fulan : bagaimana jika sholatnya tidak khusuk dan tuma'ninah?
Ustad : untuk itulah perlu kita pelajari tentang sunnah nabi. Nabi itu sholatnya 5 waktu, tepat waktu dan berjamaah dimasjid(wajib bagi laki2). Bila kita telah sholat berjamaah, maka nilai pahalanya tetap dihitung 27 derajat. Walaupun kita sholat khusuk ataupun tidak.
Fulan : bukankah penting sholat secara khusuk?
Ustad : memang sangat penting, tapi yg paling penting adalah aplikasinya. Seseorang tak akan pernah mencapai khusuk bila jarang sholat. Bisa karena biasa. Bila kita biasa sholat, insyaAllah nanti bisa khusuk dalan sholat.
Fulan : bukankah sebaiknya sholat itu ingin meraih ridho Allah, bukan mengharapkan pahala?
Ustad : coba saya tanya. Kamu bekerja mengharap apa? Bagaimana jika kamu bekerja namun tak digaji? Allah itu maha tahu keadaan manusia. Apa yg ada dihati manusia Allah lebih tahu. Makanya dalam Al Qur'an Allah menjanjikan manusia surga dan pahala. Untuk mencapai keridoan Allah itu butuh proses dari awal. Tidak mungkin seseorang bisa ikhlas dalam sholat sedangkan dia jarang sholat. Ibarat bila kita sekolah, mulai dari sd, smp, smu baru kuliah. Makanya kita dianjurkan utk istiqomah dalam sholat.
Fulan : bagaimana dosanya bila meninggalkan sholat?
Ustad : meninggalkan sholat hukumnya berdosa besar, bahkan lebih besar dari dosa mencuri, berzina dan minum khomar. Karena dalam hadits Rosulullah mengatakan, orang yg sholat berarti menegakkan tiang agama. Orang yg tidak sholat berarti meruntuhkan agama. Coba pikirkan, setiap hari kita meruntuhkan agama islam karena kita lalai dalam sholat.
Fulan : masyaAllah, berarti dosanya besar banget ya ustad. InsyaAllah mulai detik ini, saya tak ingin membuat agama islam menjadi hancur karena kelalaian saya meninggalkan sholat. Saya akan berusaha menjaga sholat sesuai dgn sunnah Rosulullah SAW.  
InsyaAllah mari kita niat amalkan dan sampaikan. Janganlah kita hidup sebagai seorang yg menghancurkan agama Allah. Walaupun anda seorang jenius, profesor, banyak harta dan punya kedudukan tinggi, namun yg Allah liat hanyalah iman dan amal soleh. Jadikan dunia ini sebagai sarana utk mencari keridoan Allah. Jangan jadikan dunia ini menjadi istana megah yg bisa membuat kita jauh dari Allah SWT.
Jika hari ini Allah memberi kebahagiaan, jangan lupa bersyukur dengan menambah ketaatan kepadaNya...
Jika Allah memberi kelapangan rizki, jangan lupa untuk berbagi...
Jika Allah beri rasa sakit, bersabarlah karena denganya Allah gugurkan sebagian dosa...
Jika dirundung duka, maka pastikan Allah tetap ridho...
Jika merasa lesu, maka ingatlah kehidupan dunia hanya sementara dan kematian tidak ada yang bisa menduga...
Sebaik-baik bekal adalah ketaqwaan dan istiqomah didalamnya...
Semoga Allah memberi kemudahan dan kekuatan dalam menggapai ridho n jannahNya.
Wallahu'alam bishowab 

0 comments:

Poskan Komentar

 
Back to top!