Setelah Nabi SAW wafat ketika itu terjadi
goncangan hebat didalam ummat islam. Banyak masalah bermunculan yang harus
dihadapi ummat islam ketika itu :
- Orang murtad dimana-mana
- Orang islam tidak mau membayar zakat
- Nabi-nabi palsu bermunculan
- Musuh Islam di luar madinah sudah siap menyerang ummat islam.
Ketika itu kira-kira 1 minggu, 7 hari saja,
sahabat-sahabat di kota Madinah semuanya buntu, tidak mempunyai jalan keluar
atau solusi. Orang-orang di madinah hanya memikirkan bagaimana nasib orang-orang
islam dan siapa yang akan menggantikan Nabi SAW, ini saja kesibukan sahabat
selama seminggu. Asbab kefakuman sahabat ini, tidak ada fikir untuk agama, maka
tidak ada lagi yang keluar di jalan Allah, semua rombongan tertunda. Akibatnya
ketika itu karena tidak ada fikir agama adalah 100.000 orang islam menjadi
murtad. Satu minggu saja sahabat ini vakum dari dakwah, dari keluar di jalan
Allah, walaupun di jaman itu hidup ulama-ulama besar dan sahabat-sahabat yang
besar dan kuat, 100.000 orang murtad dari islam. Lalu Nabi palsu bermunculan,
dan tentara Romawi sudah sampai di perbatasan siap masuk ke madinah untuk
menghancurkan ummat islam.
Setelah Abu Bakar RA dilantik menjadi
khalifah, bagaimana cara Abu Bakar RA menyelesaikan masalah ini. Keputusan
pertama yang dibuat Abu Bakar RA adalah segara mengirimkan rombongan yang
tertunda pergi di jalan Allah, yaitu yang telah dibentuk oleh Nabi SAW sebelum
beliau SAW wafat. Abu Bakar RA memutuskan untuk mengirim seluruh orang beriman
yang laki-laki untuk keluar di jalan Allah semuanya. Para sahabat bingung dengan
keputusan Abu Bakar RA. Mereka memikirkan jika semua laki-laki keluar dijalan
Allah, maka siapa yang akan menjaga madinah dari musuh, siapa yang akan menjaga
ummul mukminin dan keluarga Nabi SAW. Maka Abu Bakar RA dengan suara lantang
berkata, “Kalian tetap keluar di jalan Allah, nanti Allah yang akan menjaga
semuanya.” Ketika itu yang orang-orang fikirkan adalah keselamatan orang-orang
islamnya, padahal yang harus dirisaukan adalah bagaimana menyelamatkan agamanya
terlebih dahulu. Inilah yang difikirkan Abu Bakar RA. Inilah perbedaan fikir
yang mencolok antara satu orang sahabat ini melawan fikir sahabat-sahabat yang
lain. Disini ada perbedaan pendapat diantara sahabat yang dapat menjadi
pelajaran bagi kita semuanya.
Ketika itu Abu Bakar RA yakin sepenuhnya jika
kita menolong agamaNya, maka Allah pasti akan menolong mereka. Jika kita keluar
di jalan Allah untuk melaksanakan perintah Allah, maka pasti Allah akan tolong
kita. Jadi keputusan Abu Bakar ini untuk mengeluarkan seluruh laki-laki ke luar
madinah di jalan Allah ini sungguh tidak masuk diakal bagi sahabat yang lainnya.
Apalagi ketika itu hewan-hewan buas bisa masuk kapan saja memangsa wanita dan
anak-anak di Madinah, jika semua laki-lakinya keluar dari Madinah. Secara logika
laki-laki yang ada seharusnya dibagi menjadi dua yaitu yang menjaga dalam kota
dan yang menjaga diluar kota atau yang pergi di jalan Allah. Tetapi disini Abu
Bakar RA justru menyuruh laki-lakinya untuk semuanya keluar, pergi di jalan
Allah.
Abu Bakar RA menyelesaikan masalah dengan
menggunakan 2 prinsip :
1. Prinsip Taqwa :
“Saya tidak rela agama berkurang di jaman
kekhalifahan saya ini walaupun itu hanya seutas tali yang mengikat di leher
hewan qurban.”
Takwa ini maksudnya adalah Sempurna Amal. Jadi
atas dasar prinsip ini, Abu Bakar RA tidak rela dijamannya agama ini berkurang
sedikitpun walaupun itu hanya seutas tali yang mengikat leher hewan korban.
Fikirnya Abu Bakar RA ini adalah bagaimana agama dapat sempurna diamalkan oleh
umat islam ketika itu. Inilah prinsip yang digunakan untuk menghadapi
orang-orang islam yang tidak mau membayar zakat. Jadi mereka diancam akan
diberantas jika mereka tidak mau membayar zakat.
2. Prinsip Tawakkul :
“Keluarkan semua laki-laki untuk pergi di
jalan Allah. Nanti biar Allah yang menjaga Ummul mukminin, keluarga nabi dan
wanita-wanita di madinah.”
Abu Bakar RA lebih rela melihat keluarga Nabi
dalam bahaya, dibanding harus melihat agama dalam bahaya. Jadi bagi Abu Bakar
RA, derajat Agama ini lebih utama dibanding keluarga Nabi SAW dan ummat islam
itu sendiri. Agama lebih penting untuk diselamatkan dibandingkan ummat itu
sendiri. Abu Bakar RA, mengirimkan semua laki-laki keluar dijalan Allah dan
berserah diri kepada Allah atas keadaan di Madinah inilah Tawakkalnya Abu Bakar
RA. Prinsip ini yang digunakan untuk menghadapi orang murtad, nabi palsu, dan
musuh islam yang mau menyerang madinah dari luar.
Disinilah terdapat 2 perbedaan pemikiran dan
menyangkut kepada masalah keimanan. Dimana Abu Bakar RA yakin jika semua pergi
di jalan Allah mendakwahkan agama Allah, maka nanti Allah akan selesaikan semua
masalah : orang murtad, nabi palsu, yang tidak mau bayar zakat, dan pasukan
romawi yang sudah siap menyerang. Hanya dalam waktu tempo 3 hari saja setelah
semua pergi di jalan Allah akhirnya masalah terselesaikan : Madinah tetap aman,
100.000 orang murtad masuk islam lagi, orang membayar zakat lagi, Nabi palsu
dapat ditumpas, dan Pasukan Romawi mundur. Jadi risaunya Abu Bakar RA ini adalah
Islamnya atau Agamanya dulu, bukan orang-orang Islamnya. Hari ini ada pemikiran
seperti yang terjadi ketika sahabat berbeda pendapat dahulu. Sekarang kebanyakan
kita ini risaunya adalah orang-orang islamnya, seperti orang islam ada yang
dibunuh, diperkosa, diperangi, hak-haknya dirampas, kekurangan makan, miskin
keadaannya, pengungsi-pengungsi, ini boleh saja. Tetapi seharusnya yang lebih
penting lagi adalah risau atas islamnya. Akibat islamnya tidak dijaga, sehingga
Allah tidak menjaga ummat islam. Ini karena islam itu sendiri sudah diacuhkan
oleh orang islam. Kita lihat hari ini orang islam kebanyakan tidak sholat,
mesjid kosong. Sholat berjamaah di masjid sudah tidak diacuhkan oleh umat saati
ini. Lalu sunnah-sunnah Rasullullah SAW sudah ditinggalkan oleh orang islam,
bahkan dianggap aneh bagi yang mengamalkannya. Kehidupan orang islam sudah
seperti kehidupan orang yahudi dan nasrani, tidak ada bedanya dengan cara-cara
atau kehidupan orang kafir, sulit dibedakan mana yang beriman dan mana yang
kafir. Semua kehidupan sunnah Nabi SAW sudah ditinggalkan oleh ummat islam itu
sendiri. Tetapi begitu terjadi musibah, semua orang berpikir sama, “Apa dosa
saya ? Kenapa ini bisa terjadi, musibah seperti ini ? Kenapa Allah tidak tolong
kita ?”. Ummat islam diusir, dibunuh, dijajah, diperkosa hak-haknya, tetapi
fikirnya hanya diri mereka sendiri saja (“Apa dosa saya ?”). Padahal
jemaah-jemaah dakwah sudah datang mengajak kepada sunnah, kembali kepada amal
Nabi SAW, amalkan islam, taat pada perintah Allah. Walaupun perkara-perkara ini
sudah didengar berkali-kali, tetapi tetap saja sama tidak ada peningkatan amal.
Ditaskil, diminta untuk keluar di jalan Allah tidak mau, maka itulah akibatnya,
musibah banyak datang. Tetapi fikirnya “Apa dosa saya ?”. Islamnya sudah kita
tinggalin, kita acuhkan, tetapi ketika musibah tiba-tiba datang tidak terpikir
amal-amal kita yang buruk, bahkan bertanya, “Kenapa Allah tinggalkan kita ?
kenapa Allah tidak tolong kita ?”
Inilah sifat manusia, ketika senang mereka
beramai-ramai meninggalkan perintah Allah, melupakan Allah, tidak mempedulikan
kehendakNya. Tetapi ketika musibah datang baru nangis-nangis kepada Allah minta
ditolong. Sudah menjadi sifat manusia hanya ingat kepada Allah dikala susah dan
suka melupakan Allah dikala senang. Bahkan ketika kesusahan itu datang bisanya
hanya merengek minta tolong tetapi tidak mau memikirkan apa yang Allah kehendaki
atas dirinya saat itu dan tidak mau memikirkan kekurangan atau keburukan amal
yang telah dia perbuat. Orang seperti ini bagaimana do’anya mau di dengar oleh
Allah ? Jadi kalau mau masalah ummat selesai, kirimkan rombongan untuk pergi di
jalan Allah sebanyak-banyaknya secara bergiliran. Nanti Allah akan selesaikan
masalah yang ada pada ummat ini sebagaimana Allah selesaikan masalah yang
terjadi pada kekhalifahan Abu Bakar RA.
Mudzakaroh “Learning By Doing” – Belajar
dengan Beramal
Hari ini banyak orang yang membicarakan
tentang pengorbanan Nabi SAW dan para sahabat RA untuk agama. Namun masalahnya
pada hari ini tidak semua orang yang mengerti dan memahami maksud dan
kepentingan dari pengorbanan Nabi SAW dan para Sahabat RA tersebut. Ini
disebabkan karena kita tidak melakukan pengorbanan yang sama seperti mereka.
Untuk bisa merasakan pengorbanan Nabi SAW dan Sahabat dalam memperjuangkan agama
maka kita harus ikuti napak tilas mereka. Seperti pelatih renang dan orang yang
baru mau belajar berenang. Walaupun si pelatih ini juara dunia dan juara
olimpiade renang dan ahli dalam menjelaskan tentang air dan teknik renang kepada
muridnya, tetapi jika si murid renang ini tidak terjun ke air maka dia tidak
akan mampu memahami apa yang dikatakan dan dijelaskan gurunya. Tetapi jika si
murid sudah terjun ke air, maka dia akan tau apa yang dirasakan dan dimaksud
gurunya. Semakin dicoba dan diusahakan semakin mengerti dia akan penjelasan
gurunya, sampai pada akhirnya dia bisa berenang bahkan menjadi sehebat gurunya.
Ini karena si murid tersebut sudah merasakannya langsung pengorbanan gurunya
ketika berada di dalam air. Begitu juga mengapa hari ini umat sangat jauh dari
agama, sehingga yang tinggal hanya pengetahuan atau teori saja,
bangunan-bangunan saja, tulisan-tulisan saja, ini dikarenakan umat tidak
dilibatkan dalam pengorbanan untuk agama sebagaimana Nabi SAW telah melibatkan
para sahabat dalam pengorbanan untuk agama. Sehingga hari ini umat hanya tahu
saja tetapi tidak ada kefahaman dan kerisauan terhadap agama.
Tujuan dari keluar di jalan Allah itu sendiri
sebagai individu adalah dalam rangka islah atau perbaikan diri, sebagaimana
trainingnya atau latihannya seorang tentara yang dikirim ke barak untuk
peningkatan qualitas. Ketika tentara ini balik ke barak maka dia akan di
evaluasi kekurangannya dan akan menjalankan traning atau latihan-latihan kembali
dalam rangka meningkatkan kualitas. Sehingga ketika tentara balik ke medan
pertempuran maka kemampuan dan kesiapannya akan menjadi lebih tambah baik lagi.
Jadi kita perlu mengembalikan umat islam ini kepada baraknya agar bisa dilatih
kembali dan ditingkatkan qualitasnya. Namun hari ini permasalaannya ummat hari
ini sedang terjangkit penyakit lemah Iman. Asbab lemah Iman ini ummat tidak ada
gairah atau tidak ada kekuatan untuk memperbaiki diri, atau meningkatkan amal
ibadah. Maka untuk mengobati lemah iman ini perlu perawatan khusus. Ibarat orang
sakit maka mesjid ini adalah rumah sakitnya orang beriman agar orang beriman ini
dapat terperbaiki Iman dan Hatinya. Jika kita sakit badan maka kita bisa pergi
ke dokter dan tinggal di rumah sakit. Tetapi rusaknya hati atau iman ini hanya
Allah yang bisa memperbaiki yaitu di rumah sakitnya orang beriman, di mesjid.
Jika mesjid tempat pabriknya perbaikan untuk orang beriman sudah tidak digunakan
lagi, maka bisa dijamin bahwa kehidupan ummat saat ini sudah terjangkit banyak
penyakit hati dan penyakit iman. Mengapa diri kita bisa terperbaiki dengan
keluar di jalan Allah ? Dengan keluar di jalan Allah maka kita akan mempunyai
waktu khusus untuk memperbaiki keimanan dan amaliat kita. Kita keluar di jalan
Allah ini adalah latihan meninggalkan perkara-perkara yang kita cintai
sebagaimana sahabat telah meninggalkan perkara-perkara yang mereka cintai demi
agama Allah. Dengan demikian akan terbentuk dalam diri kita keyakinan bahwa
bukan kitalah yang memelihara keluarga kita tetapi Allah lah yang memelihara
keluarga kita. Dengan keluar di jalan Allah kita akan mendapatkan kefahaman dan
perasaan yang dirasakan oleh sahabat ketika mereka berkorban untuk agama di
jalan Allah sampai tidak ada lagi yang bisa mereka korbankan untuk agama
Allah.
Semakin bertambah pengorbanan kita maka akan
semakin bertambah pemahaman kita atas pengorbanan sahabat untuk agama Allah.
Sampai pada akhirnya kecintaan pada agama akan timbul, ketaqwaan dalam
menjalankan perintah Allah akan meningkat, dan kehidupan agama kita, keluarga
kita, kerabat kita, tetangga kita, akan terperbaiki. Dengan keluar di jalan
Allah kita akan mendapatkan banyak pelajaran seperti dari bertemu dengan
ulama-ulama untuk mendapatkan pengajaran dari mereka, berteman dengan
orang-orang sholeh, menambah pertemanan, meningkatkan ilmu dan wawasan, menambah
pengalaman, merasakan napak tilas nabi dan sahabat sehingga wujud didalam diri
kita kecintaan sahabat pada agama, kerisauan Nabi SAW terhadap ummat, dan
lain-lain.
Da’i ini hanya mempunyai 2 keadaan saja
:
- Maqomi
- Khuruj Fissabillillah
Khuruj Fissabillillah atau Keluar di Jalan
Allah ada 2 cara :
- Nishab : Waktu Keluar yang di istiqomahkan
- Takaza : Pembentangan Kepentingan Agama
Namun untuk dapat menggerakkan ummat ke arah
kebaikan ini diperlukan risau dan fikir yang sungguh-sungguh, sebagaimana risau
dan fikir Nabi SAW. Begitu juga dalam menyiapkan Ummat ini diperlukan
sifat-sifat Nabi SAW dan Sahabat. Para Sahabat ini dimuliakan oleh Allah karena
memiliki sifat-sifat dan qualitas-qualitas yang Allah sukai. Jika kita bisa
mendapatkan qualitas atau sifat ini, maka kemuliaan yang Allah berikan kepada
para Sahabat RA, juga akan Allah berikan kepada kita. Sifat, Risau, dan Fikir
ini akan datang melalui keadaan-keadaan mujahaddah atas agama, pengalaman
berjuang untuk agama.
Bagaiaman cara mendapatkan Sifat, Risau, dan
Fikir ini :
- Pergi Khuruj Fissabillillah ( Keluar di jalan Allah )
- Membuat Amal Maqomi
Inilah kepentingan kita bawa fikir ketika kita
pergi di jalan Allahingan ketika ah dengan amal-amal agama.dijalan ALlah ak,
berbeda dengan air yang bergerak atau mengalir. h. etang h :
- Bagaimana diri kita bisa terperbaiki atau meningkat qualitasnya
- Bagaimana Amal Maqomi dapat wujud di mesjid yang dikunjungi
- Bagaimana rombongan dari mesjid itu bisa keluar di jalan Allah
Sedangkan maksudnya Dakwah ini adalah untuk
memenuhi takaza ( pembentangan atau penawaran kerja agama ) yang ada, bukan
nishab ( waktu yang di istiqomahkan untuk keluar ) saja. Jika waktunya nishab
tetapi datang takaza, maka tinggalkan nishab untuk memenuhi takaza.
Sahabat-sahabat RA menurut ulama, nishab harian mereka itu 12 jam untuk agama,
sisanya buat selain agama. Sahabat meluangkan waktu mereka untuk mesjid itu 12
jam, sedangkan takazanya mereka 24 jam, kapan saja diminta mereka siap
tinggalkan semua. Jadi sahabat ini nishab 12 jam, sedangkan kesiapan mereka
untuk ditaskil ( dipanggil ) memenuhi takaza, yaitu 24 jam. Jadi dengan gerak
yang dilakukan seperti sahabat ini maka Allah akan tolong ummat islam. Maksud
daripada Dakwah ini adalah memenuhi takaza, dimana daerah yang belum islam,
dimana daerah yang belum mengucapkan syahadat, dimana daerah yang belum dimasuki
jemaah, dimana daerah yang belum hidup amal mesjid Nabawi ? kita siap berangkat
kapan saja. Keadaan sahabat itu seperti itu, siap kapan saja berangkat ketika
dibentangkan takaza.
Dari riwayat Tirmidzi, Allah berfirman
:
“Wahai anak Adam jadikan seluruh hidupmu untuk
beribadah kepadaKu, niscaya Aku akan penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku akan
penuhi kebutuhanmu. Dan apabila engkau tidak mengerjakannya, niscaya Aku penuhi
kedua tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan memenuhi
kebutuhanmu.”
Keadaannya di jaman Nabi ini beda dengan kita,
ketika itu para sahabat selalu dalam keadaan siap mengambil takaza lagi dan
lagi. Sekali taskil sahabat itu lamanya mereka pergi di jalan Allah adalah 4
bulan full, yaitu di jaman Umar RA. Ketika mereka pulang dari ambil takaza,
ternyata ada takaza lagi, sehingga mereka berangkat lagi 4 bulan di jalan Allah.
Inilah kehidupan sahabat dalam memenuhi takaza agama. Dalam setahun berarti
sahabat ini 8 bulan di jalan Allah dan hanya 4 bulan saja tinggal di kampungnya.
Sahabat ini 4 bulan dikampungnya adalah 2 bulan untuk mesjid, dan sisanya 2
bulan lagi adalah 1 bulan di rumah bersama keluarga dan 1 bulan ( 24 jam x 30
hari = waktu sahabat di pasar / di sawah selama 1 tahun ) lagi untuk buat kerja
yang mampu memenuhi keperluan untuk 1 tahun. Allah telah ringkaskan buat sahabat
kerja untuk 1 tahun dapat dilakukan dalam 1 bulan saja. Ini karena apa ? ini
adalah berkat amalan dakwah sehingga kehidupan sahabat ini penuh dengan
keberkahan. Sedangkan kita kini kerja satu tahun tidak cukup untuk satu bulan,
berbeda dengan keberkahan yang didapat oleh para Sahabat RA. Inilah yang terjadi
jika ummat telah meninggalkan kerja dakwah ini, maka Allah akan cabut keberkahan
rizki dari kehidupan ummat. Kalau ummat islam ini kembali kepada amalan dakwah,
sibuknya mengambil takaza, maka kerja 3 hari saja bisa mencukupi kerja satu
bulan. Tetapi jika ummat islam sibuk mengurusi dunia saja, tinggalkan amalan
dakwah, tidak mau mengambil takaza agama, maka kerja 1 bulan tidak bisa
mencukupi keperluan 3 hari, tidak ada keberkahan. Ini semuanya karena manusia
sudah melecehkan Allah dan perjuangan untuk agama Allah. Padahal semua rezki itu
datang dari Allah, dan sedangkan syetan itu hanya menakut-nakuti
kita.
Allah berfirman :
“Inna syaithon ya adzikumul fakro waya’murukum
bil fahsya…”
artinya :
“Setan itu menakut-nakuti kamu dengan
kefakiran.”
Setan akan membisikkan : “Kalau kamu korban,
ambil takaza lagi, lalu ambil takaza lagi, maka miskin kamu nantinya. Bangkrut
nanti usaha kamu. Terlantar nanti rumah tangga kamu.” Masalahnya hari ini kita
lebih percaya pada perkataan syetan dibanding percaya pada perkataan Allah.
Sedangkan Allah menjanjikan kepada yang pergi di jalan Allah ampunan dan
keuntungan-keuntungan.
Keuntungan Dunia-Akherat :
1. Keuntungan dunia : Rizki yang
berkah
2. Keuntungan Akherat : Ampunan ( masuk
surganya Allah )
Allah berfirman :
“Walladzina’amanu wahajaru wajahadu
fissabillillahi walladzina awawwa nasharu ulaika humul mukminuna haqqan
lahummaghfirotuw warizqun kariim.” ( 8 : 74 )
Artinya :
“Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah (
Muhajjir ) serta berjuang pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat
kediaman ( Anshor ) dan memberi pertolongan (kerja sama antara Muhajjir dan
Anshor / orang tempatan), mereka itulah orang-orang yang beriman dengan Haq (
yang benar-benar beriman ). Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang
mulia.”
Keadaan dalam kerja dakwah ini hanya 2 saja
:
- Muhajjir : orang-orang yang Hijrah untuk agama Allah
- Anshor : orang-orang yang Nushroh ( memberi pertolongan )
Orang yang melakukan 2 keadaan ini, merekalah
orang-orang yang beriman dengan sebenarnya, Iman yang Haq. Apa yang Allah
ganjarkan untuk mereka ? Allah akan ampuni dosa-dosa mereka dan Allah akan
berikan mereka rizki yang mulia. Siapa bilang orang yang dakwah akan menjadi
miskin ? Sedangkan Allah mengatakan akan memberikan ampunan dan rizki yang mulia
lagi. Bagaimana datangnya rizki yang mulia ? itu adalah kerjanya Allah, bukan
kerjanya kita. Sedangkan kerja kita :
- Buat Amalan Dakwah : Maqomi dan Intiqoli ( Khuruj Fissabillillah )
- Nusroh : Menolong para Muhajjirin / Pendatang
Kita jangan memikirkan kerjanya Allah. Allah
itu Maha Tahu bagaimana cara mendatangkan rizki yang mulia itu. Kerja Dakwah ini
bukan kerja yang susah, tetapi kerja yang sangat mudah. Sangking mudahnya dapat
diberikan dan dibawa oleh semua orang dari yang Raja, yang jelata, yang
cendikia, yang tidak pernah sekolah, yang tua, yang muda, yang miskin, yang
kaya, yang ulama, yang awam, yang sehat, dan yang sakit sekalipun. Lalu
bagaimana caranya ? mudah saja, yaitu ngikut saja, ikutin saja programnya.
Dengan cara ikut-ikutan saja, mengikuti jalan ini, maka dia akan faham dan
mengerti maksudnya.
Contoh :
Seperti di kampung, ketika seseorang belajar
bagaimana menanam padi. Dia tidak dikasih kuliah ama petani, atau dimasukin ke
kampus pertanian. Bagaimana cara nyangkul, cara menggaruk, cara menyebar benih,
cara menanam, cara membersihkannya, cara mengatur air, ini tidak ada kuliahnya
sama sekali. Lalu bagaimana cara belajarnya ? yaitu dengan mengikuti bapak kita
atau petani ke sawah, belajar langsung dengan mengikuti apa yang mereka lakukan
di sawah. Belajar langsung dengan pengamalannya, “Learning by Doing”. Bapak
pagi-pagi bangun habis sholat bawa cangkul langsung ke sawah, maka kitapun
demikian juga bawa cangkul ke sawah. Bapak mencangkul disawah, kita lihat
sebentar, lalu kita ikut nyangkul. Ini caranya, ikutin saja, amalkan saja,
lama-lama mahir juga, lama-lama faham juga, karena sehari-hari begitu saja
kerjanya maka lama-kelamaanpun jadi bisa. Tanpa kuliah, tanpa masuk keperguruan
tinggi, seseorang bisa langsung menjadi petani. Sekarang kalau kita lihat
orang-orang yang lulus dari perguruan tinggi bidang pertanian, dengan gelar
professor, doktor, ahli pertanian, yang nanam padi juga bukan mereka, tetapi
menanam orang kampung juga, para petani lapangan lansung yang tidak pernah
sekolah. Yang mengirim beras ke kota itu siapa ? yang mengirim beras kepada
orang-orang pintar di kota itu adalah orang bodoh-bodoh juga dari desa yang
mengirimkannya. Justru beras datangnya dari mereka yang tidak pernah kuliah
dikirim kepada ahli-ahli pertanian yang kuliah.
Ashabul Kahfi adalah satu rombongan pemuda
yang risau terhadap iman, dan bagaimana menyelamatkan Iman. Mereka
bermusyawarah, mengambil keputusan untuk melarikan diri dari kemaksiatan yang
ada. Mereka hijrah ke gunung, dan kehutan-hutan. Mereka mengambil keputusan
tidak mau mati dikampungnya demi menyelamatkan iman mereka. Dalam perjalanan
ikutlah seekor anjing, karena ngikut saja, mengekor perjalanan pemuda ashabul
kahfi ini, maka anjingpun Allah selamatkan juga. Pemuda-pemuda ini adalah mereka
yang cinta pada Allah dan cinta kepada Iman. Mereka ini risau atas keselamatan
iman mereka. Sehingga mereka buat keputusan bahwa mereka harus pergi dari
kampung mereka, menjauhi suasana kemaksiatan, dan tinggal di goa. Atas fikir
mereka ini, maka Allah selamatkan mereka. Sedangkan anjing yang cuman
ngikut-ngikut mereka saja, Allah selamatkan juga. Inilah keberkahan dengan
mengikuti jejak langkah orang yang pergi di jalan Allah untuk menyelamatkan
Iman. Anjing ini binatang najis, dan tidak berakal, tidak mengerti apa-apa,
tetapi karena dia ngikut saja, maka selamat juga. Ketika pemuda itu berjalan, si
anjing berjalan juga. Ketika si pemuda berhenti, si anjing berhenti. Ketika
pemuda-pemuda itu masuk ke dalam goa, si anjingpun ikut-ikutan masuk juga.
Ketika para pemuda itu tidur, maka si anjingpun ikut tidur. Akhirnya ditidurkan
oleh Allah selama 309 tahun. Anjing Ashabul Kahfi ini adalah satu-satunya anjing
yang masuk surga. Kalau anjing saja ikut pergi dijalan Allah diselamatkan,
apalagi kita yang beriman mau keluar di jalan Allah. Sedangkan kita ini ummat
yang da’i, modal kita bukan tinggal dihutan, masuk kegoa mengucilkan diri, tidur
disana, kita ini bukan yang seperti itu. Kita bukan lari dari tempat yang penuh
dengan kemungkaran dan kemaksiatan, bahkan kita tetap berada ditempat yang
seperti itu dengan buat kerja untuk merubah tempat itu menjadi tempat yang penuh
dengan ketaatan kepada Allah. Nanti Allah akan tolong kita dan selamatkan kita.
Sedangkan orang-orang yang ikut-ikut kitapun juga akan Allah selamatkan,
walaupun tidak mengerti apa-apa, tidak pernah ke madrasah, tidak bisa ngaji,
Insyaallah akan diselamatkan juga. Jadi kerja ini sangat mudah, ikut saja dengan
rombongan, lalu ikutin amalannya, seperti anjingnya ashabul kahfi yang Allah
selamatkan juga. Jika anjing yang mengikuti ahli ibadah saja selamat, apalagi
anjing yang mengikutin para ahlul dakwah.
Wallahu'alam bishowab.
Wallahu'alam bishowab.
0 comments:
Posting Komentar